Mesin Diesel
Mesin diesel atau yang biasa disingkat
dengan diesel adalah mesin kalor yang memiliki prinsip kerja dengan
menggunakan siklus diesel. Cara kerja diesel adalah melalui 2 proses
adiabatik, yaitu proses isobarik dan proses isokhorik. Perbedaan
mendasar antara cara kerja mesin diesel dan mesin bensin adalah pada
diesel bahan bakr disemprotkan ke ruang pembakaran melalui nozel
injector sehingga ketika ruang pembakaran memiliki tekanan yangs angat
besar akan cukup panas untuk menyalakan bahan bakar secara spontan.
Pada diesel, gas yang amsuk hanya
merupakan udara biasa, bukan campuran antara bahan bakar dan udara
sehingga proses isap dan proses buang tidak terjadi pada cara kerja
diese. Udara yang masuk akan dimampatkan secara adiabatik sehingga
suhunya menjadi cukup tinggi. Kemudian udara tersebut disatukan dengan
minyak yang disemprotkan secara perlahn pada keadaan hampir isobar.
Setelah itu, akan terjadi pembakaran dan piston bergerak. Cara kerja
diesel yang singkat tersebut membuat mesin diesel lebih banyak
menghasilkan tenaga.
Mesin diesel dibedakan menjadi 2, yaitu
mesin diesel 4 tak dan mesin diesel 2 tak. Berikut ini adalah penjelasan
masing-masing cara kerja diesel pada mesin diesel 4 tak dan 2 tak:
# MESIN DIESEL 4 TAK
1. Langkah pertama, disebut dengan suction stroke.
Udara murni akan tersedot oleh piston yang bergeser ke bawah.
2. Langkah kedua, disebut juga dengan langkah kompresi
Piston akan memampatkan udara keatas dengan memanfaatkan kekuatan dari therby yang dilakukan oleh crankshaft
3. Langkah ketika, disebut juga dengan power stroke.
Pada bagian atas yang tertutup, udara
dalam kondisi terkompresi scara maksimal. Tekanan dan suhu menjadi
sangat tinggi. Kemudian pompa yang berwarna hitam menyuntikkan bahan
bakar ke dalam udara yang panas. Sehingga pada suhu bahan bakar yang
tinggi bisa menekan piston ke bawah. Proses ini dilakukan bersama dengan
bagian crankshaft.
4. Langkah keempat, disebut juga dengan langka pembuangan
Gas yang dihasilkan dari proses
pembakaran akan dikeluarkan dari silinder melalui katup kedua oleh
piston yang kemudian akan bergerak keatas lagi
# MESIN DIESEL 2 TAK
1. Langkah 1A
Pada permulaan gerakan, piston akan
bergerak keatas sedangkan LM dan LB dalam keadaan terbuka. Udara
bertekanan dari karter akan masuk ke silinder dan meniup sisa gas
pembakaran melalui LB.
2. Langkah 1B
Piston akan bergerak ke atas, LM dan LB
dalam keadaan tertutup oleh dinding piston. Udara bersih yang berada
dalam silinder akan dimampatkan. Kemudian bahan bakar disemprotkan dan
akan terjadi ledakan.
3. Langkah 2A
Kemudian piston akan bergerak ke bawah dengan dorongan gas yang diledakkan
4. Langkah 2B
Pada bagian akhir gerakan, piston akan
bergerak ke bawah dimana LB sudah terbuka sehingga gas hasil pembakaran
mulai keluar karena efek dari aktifitas pemompaan.
Source : id.wikipedia.org
0 komentar:
Posting Komentar
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.